url submit DPD LDII Kab Bekasi: KEPEMUDAAN

KEPEMUDAAN

KEPEMUDAAN LDII  adalah sebuah organisasi himpunan pemuda LDII dibawah naungan DPD LDII kab. Bekasi yang mempunyai visi & misi Pembinaan terhadap remaja putra & putri untuk menuju tri sukses : Berakhlakul karimah, Alim & Faham Agama serta Kemandirian yang profesional religius

Kegiatan-kegiatan :

Cinta Alam Indonesia (CAI)
Minggu, 7 juli 2013

Panitia Pelaksana CAI 2013

Cinta terhadap alam merupakan bagian dari bentuk kesyukuran kita terhadap nikmat Alloh. Dan bersyukur tentunya harus dimulai dengan mengetahui dan merasakan nikmat itu sendiri. Berarti, untuk Cinta Alam Indonesia kita harus tau dan mengerti apa saja keindahan dan potensi yang kita “punya”. Jika kita ingin mengetahuinya secara detail, kita bisa dengan mudahnya telurusi melalui internet sekarang juga. 
Sebagai remaja yang amat sangat diharapkan menjadi ‘generasi penerus’, perlu bagi kita untuk menanamkan dalam diri bahwa setiap tempat itu unik, setiap tempat itu punya potensi sendiri dan setiap tempat itu punya keindahan tersendiri. Bagi para generasi penerus, cinta akan alam indonesia bukan hanya sekedar tahu dan cinta, tapi juga harus mampu melihat potensi yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita sendiri dan mencoba menggunakan potensi itu. 

Dewan Guru CAI 2013
Maka dari itu kami mengadakan kegitan pembinaan generasi penerus yang bertemakan cinta alam indonesia, agar generasi penerus makin memahami dan mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. 
Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari pada tanggal 6-7 juli 2013 bertempat di masjid rodhoutul jannah. meskipun kegiatan berlangsung di dalam masjid tidak mengurangi nilai dari cinta alam indonesia. Karena dalam acara tersebut peserta di bekali materi yang sangat luar biasa untuk mendukung keberhasilan mereka.

PEMBINAAN GENERUS UNGGULAN

Pada tanggal 23 maret 2013 merupakan grand opening acara Pembinaan Generus (Generasi Penerus) Unggulan sebagai ajang pembinaan dan penggemblengan mental generasi muda penerus perjuangan bangsa dan agama agar menjadi generasi yang Profesional Religius. Didalam program Pembinaan Generus Unggulan ini terdapat dua program kurikulum yaitu Pengajian SSD (Semalam Suntuk Daerah) untuk mengakomodir pendidikan Al'qur'an & Al-Hadits dan Pengajian Wawasan Umum (Organisasi, manajemen dll). Acara tersebut nantinya akan di lakukan sebulan sekali
Program Pembinaan Generus Unggulan ini merupakan Program Kerja unggulan dari Organisasi Kepemudaan LDII tahun 2013 ini.
Latar belakang dari munculnya program Pembinaan Generus Unggulan ini karena generasi muda perlu menyadari seiring dengan laju perkembangan zaman di dalam mempertahankan & memperjuangkan Agama Islam yang dimasa mendatang akan menghadapi tantangan dan cobaan yang semakin berat. Kekuatan yang dapat diandalkan dalam menghadapi berbagai tantangan tersebut hanyalah dengan dilandasi oleh kefahaman agama yang kuat, keimanan dan ketaqwaan yang tinggi, perbekalan agama yang sebanyak mungkin dan yang terpenting adalah pertolongan dari Allah SWT.
Untuk mempersiapkan generasi penerus yang unggul maka masing-masing remaja harus memiliki 3 target keberhasilan yaitu:

1. Budi pekerti yang luhur.
2. Berilmu Agama.
3. Mandiri

Acara ini bertujuan untuk :
1. Memupuk kecintaan generasi muda untuk senantiasa menuntut ilmu agama.
2. Sebagai wahana bagi generasi muda yang ingin menambah ilmu, meningkatkan kefahaman dirinya, serta     bertanggung jawab terhadap kelangsungan agama dimasa yang akan datang.
3. Mempersiapkan calon – calon generasi muda yang handal dan profesional untuk mempersiapkan menjadi pengurus-pengurus agama dan pemimpin agama
Peserta dari acara ini adalah remaja usia SLTA dan mahasiswa sehingga diharapkan dengan adanya acara ini generasi muda lebih siap untuk menghadapi tantangan hidup ke depannya, karena mereka sudah di bekali ilmu secara intensif sehingga tujuannya menjadi generasi unggul yang Profesional Religius dapat tercapai.


Rakorda Kepemudaan LDII Kab. Bekasi
Minggu, 21 April 2013

“Beri saya 10 pemuda akan kugoncang dunia” Seru mantan presiden RI pertama Ir. Soekarno didalam tekad yang ingin diwujudkan oleh beliau untuk menggoncang dunia lewat para pemuda sebagai tongkat estafet perjuangan bangsa. Begitu pula pada organisasi Kepemudaan LDII Kab. Bekasi yang berada didalam naungan DPD LDII Kab. Bekasi selalu mengadakan program-program yang bertujuan untuk membina para remaja-remaja ditingkat PC & PAC se-kabupaten Bekasi. Seperti halnya pada hari minggu, 21 april 2013 Kepemudaan LDII Kab. Bekasi mengadakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) 2013 yang bertujuan untuk memanage kegiatan-kegiatan kepemudaan yang ada di tingkat PC & PAC serta penggalian potensi dari para pemuda agar bisa saling mensinkronisasi antara kegiatan-kegiatan di PC/PAC satu dengan yang lainnya.
Rakorda 2013 Kepemudaan LDII Kab. Bekasi yang dihadiri oleh lebih dari 50 pengurus Kepemudaan di tingkat DPD, PC & PAC ini diberikan pembekalan-pembekalan materi dari Pengurus Harian DPD LDII Kab. Bekasi Aziz Arifuin, A.Md. tentang Basic Mentality dan Manajemen Organisasi oleh Sdr. Alfian Safaat, S.T. Pembekalan Basic Mentality ini bertujuan untuk  memberikan arahan kepada para pengurus Kepemudaan LDII agar didalam menjabat kepengurusan ini perlu mempunyai mindset (pola pikir) yang lebih intent didalam memanage kegiatan pemuda LDII, mindset yang proaktif dan kreatif bukan hanya Inactive (pasive kegiatan) ataupun reactive (Ada kegiatan kalau sudah mendesak / muncul kasus). Serta dalam hal Manajemen Organisasi, para pengurus Kepemudaan LDII diberikan rumusan-rumusan didalam memanage kegiatan dengan POAC (Planning, Organizing, Actuating & Controlling)

Pengarahan Simulasi Game Basic Mentality

Simulasi Game Basic Mentality

Simulasi Game Basic Mentality Untuk Remaja Putri

Sama Nampang Didepan Tembok Gara-gara Kena Hukuman

Pembekalan Manajemen Organisasi Oleh Sdr. Alfian Safaat, S.T.



WORKSHOP INTERNET SEHAT

Remaja Masjid DPD LDII Kab. Bekasi

7 April 2013

Remaja masjid Roudhotul Jannah Cikarang yang terorganisir dalam Kepemudaan LDII menggelar acara dibidang ICT pada tanggal 7 april 2013 di masjid Roudhotul Jannah Cikarang yang dihadiri lebih dari 400 remaja. Dalam kegiatan ini Kepemudaan LDII mengambil tema "Workshop Inrternet Sehat" dengan nara sumber dari DPD LDII kab.Bekasi bidang Media, Komunikasi dan Informasi.
Dalam workshop tersebut menjelaskan tentang bagaimana cara berinternet sehat terutama bagi para remaja LDII yang sangat rentan terpengaruh negatifnya kecanggihan teknologi ini. Pada saat ini teknologi internet sudah berkembang dengan pesat. Kemajuan pesat dunia internet ini bisa berdampak positif tapi juga bisa berdampak negatif. Saat ini telah 100 juta web yang aktif dan 50 % di antaranya berisi info yang tidak pada tempatnya (sex, judi, kekerasan, dan lain-lain). Oleh karena itu perlu ada gerakan untuk mendorong pemanfaatan internet ke arah yg positif sekaligus dapat menghindari efek negatif dari internet itu sendiri.
lebih lanjut dalam arahanya mengatakan “gunakan teknologi sebagai media dakwah untuk menambah kelancaran ibadah,bukan malah sebaliknya yang bisa merusak generasi muda dengan  menyebarkan pornografi, hasutan kebencian, fitnah atau berita bohong”












------------------


Pengajian Remaja di Alam Terbuka 
24 Februari 2013 merupakan weekend yang berbeda untuk Remaja PAC Sukadami Cikarang Selatan. Di pagi yang ceria itu remaja PAC Cikarang mengadakan acara jalan-jalan yang berlokasikan di TMII (Taman Mini Indonesia Indah) yang bertemakan REFRESH, dengan jumlah peserta berjumlah sekitar 50 orang. Perjalanan di mulai dari pukul 07.00 AM, di karenakan di khawatirkan perjalanan akan menemui macet (maklum cikarang-jakarta rawan macet).
Ternyata perkiraan kami meleset, perjalan begitu lancar sehingga kami tiba di sana kurang dari 1 jam perjalanan. Kami pun langsung menuju lokasi yang telah kami tentukan sebelumnya, yaitu sebuah taman yang indah dikelilingi oleh bunga-bunga.
Didalam Acara ini kami mengadakan pengajian yang sifatnya pembinaan secara praktek dari kajian-kajian yang telah didapat dari pengajian di masjid. Kamipun segera mulai dengan sambutan dari Mas Rahmat (koordinator remaja), dan diteruskan oleh Bapak Ihwan MT kesayangan kami. Lalu setelah itu dilanjutkan dengan acara game-game yang seru, mulai dari menjaga segelas air supaya tidak tumpah sambil di estafetkan kepada masing-masing muda-mudi dengan diiringi musik yang akan di stop secara tiba-tiba. Dan yang terakhir memegang segelas air tersebut berkesempatan maju untuk meledakan balon yang sebelumnya sudah isi oleh tepung terigu (terbayangkan sa’at meledakannya).
Setelah itu acara pun dilanjutkan dengan acara makan siang bersama dan berjalan-jalan di sekitar area TMII, menyinggahi rumah-rumah adat yang ada di Indonesia, mulai dari Daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali,Papua, NTT, NTB, dan lain sebagainya yang luar biasa banyaknya. Dan setelah menjelang sore dan langit pun terlihat mulai gelap kami berkumpul kembali untuk kembali pulang.
Sungguh melelahkan sekaligus menyenangkan pada hari itu, dan semoga ini bukan yang terakhir untuk kami. Semoga setelah acara tersebut kami pun bisa lebih kompak dan eksis lagi dalam rangka meneruskan tongkat estafet perjuangan Islam nanti, amiiiin.
G8B2EXUY2XM6